Cargo Darat

Cargo Darat

Cargo darat adalah distribusi pengiriman barang oleh layanan ekspedisi seperti Aryko Cargo dengan menempuh rute perjalanan darat. Pada pelaksaannya, barang cargo logistik membawa kiriman tersebut dengan menggunakan moda armda kendaraan Mobil besar dan juga Truk.

Jenis Armada Kendaraan Ekspedisi Cargo Darat

Mobil Pick Up

Kendaraan pengangkut barang jenis Pick Up adalah salah satu armada dengan bagian kabin mobil khusus untuk mengangkut barang logistik kiriman. Biasanya kendaraan ini terpakai untuk antar jemput barang maupun muatan ekspedisi logistik. Mobil Pick Up mempunyai 2 jenis berbeda, yaitu single kabin dan double kabin, manfaatnya menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan mobil tersebut.

Mobil Truk Box Colt Diesel Engkel

Jenis armada ini bisa menjadi pilihan untuk mengangkut barang dengan kapasitas kecil menengah. Dengan ukuran mobil yang tidak terlalu besar, biasanya truk CDE ini menjadi rekomendasi untuk wilayah yang mempunyai area jalan gang. Dengan begitu Truk Colt Diesel Engkel ini dapat menjadi alat angkut untuk daerah-daerah yang beruas jalan tidak terlalu besar. Karena tergolong truk dengan daya angkut berkapasitas kecil, daya kapasitas maksimal angkutnya 2000kg.

Mobil Truk Box Colt Diesel Double

Truk ini adalah jenis kendaraan armada angkutan barang yang sekilas tidak jauh berbeda dengan Truk Box CDE, namun memiliki kapasitas lebih besar. Dengan daya angkut maksimal hingga 4 ton, truk ini bisa menjadi rekomendasi untuk pengiriman dengan ukuran logistik besar. Meskipun memiliki ukuran yang lebih besar dari truk sebelumnya, namun truk box CDD ini masih tergolong dalam truk ukuran kecil. Berbeda dengan truk box CDE, truk box CDD ini memiliki jumlah ban 6, 2 pada bagian depan, dan 4 pada bagian belakang.

Mobil Truk Fuso

Truk Fuso adalah jenis kendaraan besar yang pada komposisinya tidak terlalu jauh berbeda dengan truk colt diesel double. Jumlah ban truk fuso ada 6, dengan 2 pada bagian depan dan 4 pada bagian belakangnya. Truk jenis Fuso ini mampu mengangkut beban dengan kapasitas 7 ton. Produsen truk Fuso Mitsubishi memasukanya pada kategori Medium Truck.

Mobil Truk Tronton

Truk tronton adalah truk dengan ukuran besar yang memiliki berat 15 ton dan mampu mengangkut dengan kapasitas maksimal 30 kubikasi. Maksimal daya angkut truk tronton adalah 10 ton, ini menjadi rekomendasi para penyedia jasa ekspedisi cargo. Karena truk ini memiliki harga yang terjangkau dan daya tahan yang terbukti bisa menjangkau wilayah yang jauh. Berbeda dengan truk fuso, truk tronton ini menggunakan 10 ban dengan urutan 2 pada bagian depan dan 8 pada bagian kabin.

Kelebihan truk tronton ini adalah dapat mengangkut lebih banyak kapasitas muatan daripada truk lain pada umumnya. Sehingga banyak menjadi rekomendasi untuk pengiriman barang logistik jarak jauh.

Mobil Truk Wingbox

Truk wingbox adalah armada anguktan muatan efisien dengan ukuran besar dan dapat terbuka pada bagian samping dan belakang kabinnya. Sehingga memudahkan dalam loading dan menurunkan muatan. Ini adalah truk yang banyak terjun dalam dunia cargo selain truk tronton. Karena selain mudah untuk bongkar muat muatan, truk ini pun memiliki kapasitas yang besar.

Karena truk jenis ini adalah karoseri, maka truk ini masuk dalam jenis kategori armada built-up, dan belum ada yang produksi model seperti ini. Sehingga kapasitas maksimal muatan yang dapat terbawa tidak sama, atau menyesuaikan dengan konsep truk wingbox buatan. Orang mengenalnya dengan sebutan truk tronton wingbox namun banyak pula yang menyebutnya dengan nama truk engkel wingbox.

Mobil Truk Trailer

Truk trailer adalah armada angkutan dengan ukuran dan kapasitas yang besar dan menjadi pilihan utama dalam pengiriman barang dalam jumlah besar. Dengan daya angkut maksimal hingga 60 ton, maka truk trailer adalah pilihan tepat untuk mengangkut alat berat dan semacamnya. Ada terdapat beberapa jenis kabin truk trailer ini, seperti box, flat track, bak, low bed, dan juga flat bed.

 

Truk Sebagai Sarana Penunjang Distribusi Untuk Jalur Darat

Sebagai armada penunjang bisnis dan perdagangan yang sangat sering terpakai, truk menjadi pilihan utama ekspedisi cargo darat. Karena daya angkutnya yang bervariasi dan juga dapat menyesuaikan dengan jenis dan kebutuhnnya. Fungsi truk selain sebagai alat distribusi bahan mentah ke pabrik, juga sebagai alat antar dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam hal ini truk memiliki peran penting dalam hal distribusi barang dagangan dan kebutuhan lainnya pada wilayah Indonesia.

Demikian informasi mengenai ekspedisi cargo darat dan beberapa peran dan juga jenis truk sebagai penunjang pendistribusian barang. Sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspedisi cargo Bandung, Aryko Cargo sangat memperhatikan kebutuhan dan keperluan anda untuk berkirim barang. Sehingga dengan ini anda bisa mempercayakan pada kami untuk urusan ekspedisi kirim barang dari Bandung sebagai pihak yang dapat anda andalkan.

Silahkan hubungi kami Aryko Cargo.

%d